Tuesday, December 04, 2007

YUCAVRI, Fiktif atau Eksis?

3 Desember 2007


Beberapa hari yang lalu, datang seorang pria ke kantor saya yang mungil itu. Dia bermaksud menjual kalender 2008. Kalendernya sih biasa aja, kalender besar yang digulung (model kalender gratisan dari toko emas di Pasar Anyar) yang didominasi warna hijau army gitu. Gambarnya antara lain foto-foto lama Presiden Soekarno dan Jenderal Soedirman berikut kutipan kata-kata mereka yang legendaris.

Penjualan kalender ini (katanya) dalam rangka menggalang bantuan dana untuk para cacad veteran RI. Saya lihat daftar penyumbangnya, mereka menyumbang minimal Rp50.000,-. Ada tandatangan dan stempel penyumbang pulak. Ngga banyak basa-basi lagi, Mas Eko memberikan Rp50.000,- sambil tak lupa meminta saya memfotokopi surat keterangan dari pemohon dana.

Oh ya, pemohon dana tersebut YUCAVRI. Saya baru denger tuh, memang ada yah YUCAVRI? Segera setelah pria itu pergi, saya googling kata itu di internet. Saya cuma menemukan satu link, komentar seseorang pada sebuah blog yang tampaknya juga meragukan keberadaan YUCAVRI. Wah saya jadi makin curiga ini yayasan fiktif. Di surat keterangannya, tampaknya “yayasan” ini sudah berdiri sejak lama, tahun 1990. Masa iya ngga ada aktivitasnya yang dipublish di internet? Euh kepanjangannya sih (katanya) Yayasan Usaha Cacad Veteran Republik Indonesia. Kalau emang ternyata fiktif, yah sungguh terlalu.

Anybody, help, sharing lah kalau ada yang punya informasi mengenai YUCAVRI ini, emang beneran ada atau cuma yayasan fiktif ya?

1 comment:

  1. Nan-anan janagn su'ujon gitu dong
    orang gw aja dapet data statistik orang kaya di jakarta di internet dari departemen pertanian, perikanan dan kehutanan [lah terus kenapa?]
    iya departemen pertanian, perikanan dan kehutanan australi ha..a.a.a. hu..u.....
    *abis ketawa langsung nangis*

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.